5.20.2012

Belajar Membuat Film Sablon

Bismillah,,,
Tutorial kali ini adalah tutorial dan langkah paling awal dalam pengerjaan menyablon, yaitu membuat film sablon. Tutorial ber-seri ini khusus untuk sablon diatas objek kaos. Film sablon adalah cetakan gambar dalam bentuk print di atas kertas yang nantinya akan digunakan untuk membentuk afdruk di screen atau kain saring.
Nah, kertas inilah yang disebut film sablon. Banyaknya cetakan kertas film sablon ini tergantung dari banyaknya warna dari gambar yang akan kita sablon, misalnya gambar di bawah ini :


Maka banyak cetakan film sablon adalah 3 buah, karena warna desain terdiri dari 3 warna. yaitu Hitam, Putih dan merah (Asumsi warna dasar kaos adalah Biru muda).
Ok, langsung saja kita belajar mempraktekkan bagaimana cara membuat film sablon.

Edit gambar di photoshop untuk memisahkan warnanya.
  1. Buka file gambar dengan program photoshop
  2. Klik menu Select >> Color range
    Color range ini berguna untuk menyeleksi bagian gambar dengan parameter sebuah warna yang kita tentukan. Klik dibagian gambar yang berwarna hitam, maka otomatis semua bagian yang berwarna hitam akan terseleksi. Jangan lupa untuk memperhatikan Skala Fuzziness-nya untuk tolerance sesuai keinginan. Lalu klik OK. Maka bagian warna hitam pun akan terseleksi dengan baik.

  3. Klik kanan di bagian yang sudah terseleksi pilih Layer via Copy
    Perhatikan panel layers anda (untuk memunculkan panel layers klik Windows >> Layers), Maka Layer anda akan bertambah 1 layer dimana layer tersebut hanya terisi bagian yang warna hitam saja.

  4. Lakukan langkah ke-3 untuk pemisahan layer warna yang lainnya yaitu putih dan merah sehingga anda memiliki 4 Layer

  5. Layer-layer yang telah dipisahkan tadi selanjutnya diberi warna hitam semua
    Klik salah satu layer yang ingin diberi warna hitam sambil menekan tombol Ctrl di keyboard, maka layer tersebut akan terseleksi bagian yang ada warnanya. Lalu warnai dengan tool brush berwarna hitam pekat. Lakukan pada ketiga layer tsb.

  6. Print masing2 layer di kertas dengan ukuran yang sama. Sekali lagi, Ukurannya harus sama. Untuk mencetak satu-persatu layer-layer yang telah dipisahkan tadi, anda tinggal menghidupkan atau mematikan icon bergambar mata yang ada di sebelah layer.
    Print tiap layer (pemisahan warna) masing2 1 kertas. Ingat, kalo bisa print quality-nya yang bagus agar hasilnya cetakannya berwarna hitam pekat.
Jika sudah selesai di cetak, anda harus masuk kedalam pembuatan afdruk di screen atau kain saring. Nantikan terus kelanjutan tutorialnya ya. Kalo ada pertanyaan, silahkan isi form komentar di bawah ini.

>>Semoga Bermanfaat<<

sumber : http://tsearch.digi-crea.com/belajar-membuat-film-sablon/

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More